|

Biaya Pilgub itu Mahal!!

gedung sate thumb Mahalnya biaya pilgub
BANDUNG,Gema Politik– Biaya politik yang harus dikeluarkan calon gubernur dan wakil gubernur untuk memenangkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat pada 2013 diperkirakan mencapai ratusan miliar.
Setidaknya hal itu diakui DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Jabar yang mengasumsikan biaya politik bagi pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur (cagub/cawagub) Jabar pada Pilgub 2013, bisa menembus angka Rp340 miliar. Paling tidak, pasangan calon harus mengantongi biaya sebesar Rp175 miliar. 

“Kami tegaskan biaya ini bukan untuk dibagikan ke masyarakat, tapi ini adalah cost (biaya) politik yang dibutuhkan untuk melancarkan kampanye tiap pasangan calon, misalnya untuk biaya pembelian stiker, baliho, kaos, serta biaya operasional lainnya,” kata Ketua Tim Penjaringan Balon Gubernur dan Wagub (Balon Gub/Wagub) DPD Partai Gerindra Jabar Sunatra seusai melakukan verifikasi faktual di kediaman balon gub/wagub Partai Gerindra, Syahrir Achmad Silandi, Antapani, Bandung, kemarin. 
Sunatra menjelaskan, penghitungan biaya pilgub itu berdasarkan hasil survei oleh jajaran partainya di tingkat pusat dan DPD Jabar.Ada dua pola, pertama paket hemat sebesar Rp175 miliar yang patokannya diambil berdasarkan wilayah. Kedua paket komplit berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT). Menurut dia, paket itu mengacu pada indeks survei Pemilukada Kabupaten Bandung 2010, setiap titik jatuh biaya Rp19,7 juta. 
Untuk Pilgub 2013 diperkirakan akan terjadi lonjakan biaya karena naiknya harga BBM dan laju inflasi. Maka asumsi biaya per titik dibulatkan Rp25juta.Di Jabar ada 5.850 desa/kelurahan, beberapa titik simpul, dan kecamatan. “Kami bulatkan ada 7.000 titik. Jadi secara keseluruhan jika dikalikan Rp25 juta, akan butuh biaya Rp175 miliar untuk paket hemat,”ujarnya. 
Sementara paket komplit, lanjut dia,di Jabar ada 43,3 juta jiwa. Sekitar 80% atau sekitar 34,2 juta jiwa merupakan DPT. Jika diprediksi ada tiga pasangan cagub/cawagub yang maju, maka harus mampu meraih minimal setengah dari DPT keseluruhan untuk memenangkan kursi gubernur. Sementara hitungan biaya minimal yang dibutuhkan untuk tiap DPT sebesar Rp25 ribu. 
“Rp 25.000 kalikan saja dengan 17,2 juta DPT. Maka keluar angka sekitar Rp340 miliar,” katanya. Dia menegaskan, hitung-hitungan biaya politik ini sengaja disampaikan kepada para bakal calon sebagai gambaran biaya yang akan dibutuhkan jika berhasil lolos sebagai pasangan cagub/cawagub Jabar 2013. Menurut dia, Partai Gerindra memang terbuka soal biaya, sedangkan partai lain belum tentu punya sikap yang sama. “Partai lain mungkin tabu bicara soal cost politik ini. 
Kalau kami memang ada arahan dari DPP agar hal ini diketahui juga oleh publik, ”katanya. Akan tetapi, lanjut dia, jangan sampai biaya pilgub ini malah menjadi asumsi buruk bagi para calon dengan pandangan cara pengembalian biaya, kelak jika terpilih.“Biasanya biaya ini dikeluarkan secara kolektif oleh kedua pasangan calon,di mana calon gubernur kena beban 60% dan sisanya ditanggung calon wakil,” katanya. 
Terkait biaya ini, bakal calon Syahrir Achmad Silan menilai cukup rasional. Namun, asumsi biaya tersebut tidaklah mutlak harus dikeluarkan oleh para pasangan calon.Pasalnya, bergantung juga pada situasi dan kondisi yang terjadi di lapangan.“ Bagi saya sangat relatif, tidak perlu sepenuhnya harus mengikuti petunjuk tersebut. Sebab, upaya sosialisasi bakal calon di beberapa daerah sudah saya lakukan sejak awal. 
Jadi, langkah yang telah dilakukan bisa mengurangi biaya tersebut,”katanya. Dia mengatakan,sudah melakukan pendekatan melalui lobi-lobi dukungan di 26 kabupaten/ kota di Jawa Barat.Tujuannya, ketika DPP melakukan survei bakal calon maka dirinya sudah dikenal.“Saya sudah mendapat dukungan dari para kepala desa di 13 titik kabupaten/ kota. Saya sudah silaturahmi dengan berbagai kalangan masyarakat di Subang, Bekasi, Sumedang, Majalengka, Purwakarta, Bogor, dan Bandung,”katanya.


Posted by Unknown on 21.50. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Recently Commented

Recently Added