|

Bupati Cianjur Serahkan Secara Simbolis Hibah Bantuan Keuangan Kepada RT/RW

Hibah RT/RW

25 Juni 2012, 10:49 WIB
Bupati Cianjur Drs. H. Tjetjep Muchtar Soleh, MM., belum lama ini melaksanakan kegiatan Pencanangan dan Penyerahan secara Simbolis Hibah Bantuan Keuangan Kepada RT/RW dari Pemerintah Kabupaten Cianjur, bertempat di Lapang Prawatasari Cianjur. Turut hadir pada kegiatan tersebut unsur Muspida Kab. Cianjur, para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur, para Camat, para Lurah dan Kades, Dirut PDAM Tirta Mukti Cianjur, para pengurus ARWT Kab. Cianjur serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Cianjur menyatakan; “Sebagaimana kita fahami bersama, bahwa program hibah bantuan keuangan kepada RT/RW dari Pemerintah Kabupaten Cianjur, dimaksudkan untuk mendukung dan mendorong upaya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan peningkatan akhlakul karimah dengan pendekatan keberpihakan dan pemberdayaan masyarakat.

Selanjutnya Bupati Cianjur menyampaikan oleh karenanya, perlu dilakukan upaya yang lebih efektif dalam pengelolaan bantuan keuangan tersebut, guna mengatasi berbagai permasalahan dan merespon kebutuhan serta menjawab tantangan perkembangan masyarakat, dengan memperkuat lembaga RT/RW sehingga mampu mengelola pembangunan secara partisipatif dalam memenuhi kebutuhan dan memecahkan masalah yang ada dan dirasakan oleh masyarakat.

Terakhir Bupati memberikan beberapa arahan yaitu: pertama , berikan pengertian kepada seluruh warga masyarakat dengan benar mengenai program bantuan hibah keuangan kepada RT/RW dari Pemerintah Kabupaten Cianjur agar masyarakat lebih memahaminya dengan benar. Kedua : laksanakan seluruh program yang telah direncanakan dan disepakati bersama dengan warga, dengan sungguh – sungguh, transparan dan bertanggung jawab. Ketiga : lakukan koordinasi dan komunikasi yang baik dengan semua lapisan masyarakat, pemerintahan desa/kelurahan ataupun dengan pengurus anak cabang ARWT desa atau kelurahan setempat. Keempat : gunakan dan manfaatkan dana bantuan hibah keuangan tersebut dengan sebaik – baiknya, untuk sebesar - sebesarnya kepentingan warga masyarakat dengan kegiatan yang dapat meningkatkan kapasitas masyarakat, dalam upaya meningkatkan kesejahteraanya secara mandiri. Kelima : kelola administrasi penatausahaannya dengan baik, oleh karena penatausahaan keuangan sangat menentukan proses pengelolaan keuangan; pengelolaan keuangan yang tidak berjalan dengan baik akan menimbulkan penyimpangan yang merugikan negara, untuk itu pengelolaan keuangan harus dilaksanakan sesuai dengan peraturan dan perundang – undangan yang berlaku, sehingga akan mengurangi kesalahan - kesalahan yang mungkin terjadi. Keenam : kepada seluruh kepala desa dan kelurahan serta seluruh jajaran Asosiasi Rukun Warga Dan Rukun Tetangga Indonesia (ARWT Indonesia) Kabupaten Cianjur, agar senantias mengawal, mengarahkan dan mengawasi penggunaan dan penyalurannya, agar tidak terjadi penyalahgunaan dan penyimpangan penggunaannya.

Sementara itu Ketua ARWT Kabupaten Cianjur, Drs. H. Ahmad Gunawan melaporkan, kegiatan Pencanangan dan Penyerahan Simbolis Hibah Bantuan Keuangan Kepada RT/RW dari Pemerintah Kabupaten Cianjur ini merupakan kegiatan tahap pertama. Adapun peserta yang diundang dari 16 kecamatan di wilayah Cianjur Utara dan Cianjur tengah. (Andi Hakim, Adam,BH)

Posted by Unknown on 04.47. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Recently Commented

Recently Added